Berita Pemkab

Pemkab Pangandaran Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Pemkab Pangandaran Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Pangandaran yang dipimpin langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, bertempat di Lapang Alun-alun Parigi. Kamis (1/6/2023)

 

Hadir dalam upacara tersebut Kapolres Pangandaran AKBP. Hidayat, S.H., S. IK, Dandim 0625/Pangandaran Letkol. Arm. Yusuf Andriyanto, S.E, Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran, Dr. H. Kusdiana, M.M, Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Ida Nurlaela Wiradinata dan seluruh peserta yang mengikuti upacara.

 

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata dalam sambutannya menyampaikan kilas balik perjuangan para founding father untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Bung Karno mengatakan Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Hari ini tanggal 1 juni 2023 kita memperingati satu proses perjuangan dan pembentukan NKRI tanggal 1 Juni 1945 yang kita kenal dengan Hari Lahir Pancasila" ucap beliau.

 

Menurut beliau, ada dua hal yang harus dicermati sebagai bagian dari sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara, yang pertama adalah kewajiban generasi penerus untuk memahami dan mengamalkan Pancasila.

"Hari ini kita sebagai bagian dari generasi penerus, maka kita wajib mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan kehidupan kita di masyarakat. Untuk memahami Pancasila secara utuh maka harus mengetahui rangkaian sejarah Pancasila sebagai dasar negara mulai dari perumusan, pembentukan dan dinamikanya" tutur beliau.

 

Lanjut beliau "Yang kedua adalah, 1 Juni diperingati sebagai langkah menuju 17 Agustus 1945. Tentu sebagai generasi penerus mempunyai tugas untuk meneruskan langkah jejak perjuangan mereka pada kehidupan bangsa Indonesia yang kita kenal sekarang ini".

 

Bupati Pangandaran mengutip kiasan Bung Karno yang mengatakan bahwa negara dan agama merupakan satu kesatuan utuh dan berjalan beriringan bagaikan dua rel kereta api yang terkait satu sama lain untuk sampai pada satu tujuan.

 

Pada akhir sambutannya, Bupati Pangandaran untuk terus berupaya membangun Kabupaten Pangandaran dan mendengar harapan serta keluhan masyarakat.

"Saya sebagai bupati tentu mendengarkan keluh kesah denyut jantung harapan dan keinginan masyarakat, tentu yang mengkritik, saya kira tujuannya satu agar pangandaran lebih baik, InsyaAllah saya mendengarkan demi pembangunan pangandaran." pungkas beliau.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran