Berita Pemkab

BUPATI PANGANDARAN RAIH PENGHARGAAN KEPALA DAERAH INOVATIF KATEGORI KESEHATAN TAHUN 2020

BUPATI PANGANDARAN RAIH PENGHARGAAN KEPALA DAERAH INOVATIF KATEGORI KESEHATAN TAHUN 2020

HUMAS - Bupati Pangandaran  H. Jeje Wiradinata menerima apresiasi sebagai kepala daerah inovatif bidang kesehatan dari koran sindo tahun 2020. Rabu. 26/8/2020. Ada beberapa kategori kepala daerah inovatif yaitu kategori ekonomi, tata kelola pemerintahan, kesehatan, dan sosial budaya.

Inovasi yang dilakukan dalam menanggulangi penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Pangandaran adalah diberikannya gelang/peneng bagi mereka yang di isolasi khusus di sekolah. Dimana waktu itu bertujuan untuk mengurangi pemudik yang akan masuk ke pangandaran.

Selain itu langkah tegas ini supaya para pemudik yang datang ke pangandaran tidak seenaknya (seluruh pemudik pada waktu itu diberikan gelang/ peneng baik yang melalui 5 cekpoint atau mereka yang ada di rumah melalui jalan tikus yang tidak sempat diberi peneng).

Inovasi ini mengantarkan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata mendapatkan apresiasi dalam melakukan inovasi di bidang kesehatan berkaitan dengan penanganan covid-19. 

“Tentu hari ini kebahagiaan saya dan kebahagiaan masyarakat Pangandaran, kita ini selalu bekerja tujuannya adalah bagaimana masyarakat ini mendapatkan manfaat, sebuah langkah-langkah yang diambil berkaitan dengan pandemi corona", ujarnya.

"Tentu hari ini kita diberikan award diberikan penghargaan oleh Sindonews.com dan dihadiri oleh Menteri KemenPANRB Bapak Cahyo Kumolo, oleh Menteri Dalam Negeri atau yang mewakili, kita termasuk salah satu mendapat apresiasi karena melakukan inovasi di bidang kesehatan”, ujarnya.

Lanjut beliau, dengan segala perhitungan dan keberanian saat menjelang lebaran maka pemudik dari luar Kabupaten Pangandaran diberi karet gelang serta di isolasi secara khusus di sekolah.

“Sederhana sebetulnya bagaimana menangani pemudik pada saat menjelang lebaran, karena biasanya pemudik menjadi kebiasaan orang ingin pulang kampung dan sebagainya. Dengan segala perhitungan, segala keberanian maka saat itu yang mudik saat lebaran karena ODP dikasih karet gelang dan isolasi di sekolah”, lanjutnya.

Beliau menuturkan sangat penting melakukan kerjasama, melakukan langkah-langkah inovasi dan terarah untuk membangun Kabupaten Pangandaran. 

“Saya kira penghargaan ini tentu memberikan manfaat satu motivasi bagi saya, bagi kita semua untuk bekerjasama membangun Kabupaten Pangandaran, walau mungkin daerah baru, daerah kecil yang banyak keterbatasan, saya kira kalau kita bersama dan melakukan langkah-langkah inovasi, out of the box dan terarah saya kira tadi seperti itu”, tuturnya.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran