Berita Pemkab

BNNK Ciamis Launching “Si Biru” Mobile Di Kabupaten Pangandaran

BNNK Ciamis Launching “Si Biru” Mobile Di Kabupaten Pangandaran

Pangandaran. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melaksanakan launching layanan “Si Biru” Mobile bertempat di halaman Kantor Bupati Pangandaran, Jl. Alun- Alun No. 02 Parigi. Kamis (15/10/2020)

Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin, S.Sos.,M.Si., menjelaskan bahwa BNNK Ciamis mencoba memberikan layanan P4GN di tengah masyarakat dengan menggunakan “Si Biru” Mobile. Sebelumnya kami sudah menginformasikan program ini melalui surat  sekitar dua minggu yang lalu ke Pemkab Pangandaran.

“Sekarang kami hadir untuk uji coba layanan di daerah-daerah yang jauh seperti Kawali, Banjarsari dan  di Pangandaran”, terang Engkos.

“Masyarakat bisa mendapatkan layanan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) P4GN juga pelayanan pembuatan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN)”, jelas Engkos.

Petugas yang hadir bersama “Si Biru” Mobile ada konselor, dokter, perawat juga penyuluh narkoba, dimana nantinya petugas tersebut akan memberikan layanan kepada masyarakat yang datang ke tempat “Si Biru” Mobile berada, katanya.

Kehadiran kami juga dalam rangka mengoptimalkan pelayanan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dengan tujuan percepatan penanggulangan narkoba di Kabupaten Pangandaran, kata Engkos.

Tidak hanya itu, kata Engkos dengan hadirnya “Si Biru” Mobile, akan memberikan penguatan kepada masyarakat, memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Intinya bagaimana meningkatkan daya tangkal masyarakat terhadap narkoba. Sekali pun arus masuk narkoba cukup deras, namun jika masyarakatnya sudah kompak, sudah kuat juga mempunyai daya tangkal yang kuat maka narkoba tidak akan laku. Itu yang kita harapkan”, pungkas Engkos.

Sementara menurut Pjs. Bupati Pangandaran, Dr. H. Dani Ramdan, M.T., kita sangat bergembira dengan adanya inovasi dari BNNK Ciamis untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, karena kita tahu wilayah kerjanya satu BNNK tapi melayani tiga kabupaten yaitu kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran, ucap Dani.

Oleh karena itu akan sulit jika masyarakat yang harus datang ke Ciamis untuk mengurus surat-surat maupun untuk konsultasi, tambahnya.

“Dengan adanya mobil unit layanan ini masyarakat tidak perlu datang ke Ciamis, tapi bisa mendatangi mobil layanan sesuai dengan jadwalnya”, tutur Dani.

Diawali sekarang dengan jadwal seminggu sekali masyarakat pangandaran bisa mendatangi mobil ini yang berada di dekat Parigi, kalau bisa nanti ditambah ke Pangandaran juga di kecamatan yang jauh sehingga bisa melayani masyarakat, ungkap Dani.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan membantu mempublikasikan tentang layanan ini dan jadwal-jadwalnya serta akan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya, pungkas Dani.

 

Sumber : BNNK CIAMIS