Berita Pemkab

[Sahabat Anak] Yuk Ketahui Kebutuhan Tidurmu

[Sahabat Anak] Yuk Ketahui Kebutuhan Tidurmu

Wargi Pangandaran, berikut beberapa kondisi yang juga dapat terjadi jika sering kurang tidur:

1. Penyakit Mematikan
Tidur berperan penting dalam menjaga kemampuan tubuh dalam memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Selain menderita penyakit disekitar jantung, orang kurang tidur juga berisiko lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, stroke, kanker, hingga masalah kesehatan mental seperti gangguan suasana hati dan kecemasan.

 

2. Mudah sakit dan susah sembuh
Sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein yang bernama sitokin. Protein ini dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi, peradangan, dan stres. Sitokin akan dilepaskan tubuh saat kita tertidur. Jika kurang tidur, produksi protein ini pun akan berkurang sehingga kemampuan sel imun dalam melawan infeksi akan menurun dan menghambat proses penyembuhan.

 

3. Daya ingat menurun
Pada saat tidur, otak sebenarnya bekerja untuk menyimpan hal-hal yang telah dipelajari dan dialami sepanjang hari ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Jika waktu tidur terganggu, kemampuan otak dalam mengolah dan menyimpan ingatan pun akan mengalami gangguan.

 

4. Munculnya tanda penuaan dini
Bila berlangsung jangka panjang, kurang tidur dapat memicu munculnya berbagai tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus atau kerutan di sekitar mata.


Sumber: Kementerian Kesehatan RI


#KabupatenPangandaran
#PemkabPangandaran
#KominfoPangandaran
#Pangandaran
#PantaiPangandaran