Berita OPD

Warga Desa Kertayasa Gelar Syukuran Atas Diraihnya Juara 1 Desa Wisata Nusantara

Warga Desa Kertayasa Gelar Syukuran Atas Diraihnya Juara 1 Desa Wisata Nusantara

HUMAS - Warga Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran menggelar syukuran atas keberhasilannya meraih juara satu lomba Desa Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2019, bertempat di Taman Palatar Desa Kertayasa Kec. Cijulang. Selasa, 24/12/2019.

 

Penghargaan tersebut terkait pembinaan dan pengembangan desa menjadi desa yang maju di Kabupaten Pangandaran. Penghargaan berasal dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Penghargaan sendiri diterima oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata bertempat di Tebing Breksi, Sleman, Jogjakarta beberapa saat yang lalu.

 

Sejumlah pejabat hadiri kegiatan syukuran tersebut diantaranya Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari, Anggota DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa, Wakil Ketua DPRD Kab. Pangandaran M Taufik Martin, Plt. Kepala Dinsos PMD Dhani Hamdani, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Bagian Humas Setda, Kepala Bagian Umum Setda, Camat Cijulang, Kades Kertayasa dan lainnya.

 

Kedatangan Bupati Pangandaran beserta rombongan disambut dengan seni tradisional yang ada di desa tersebut sepertu badud, calung, angklung dan seni batok. Selain seni tradisional para tamu disuguhi nasi liwet dan nasi tumpeng yang sudah disiapkan oleh warga.

 

Dalam sambutannya Bupati menyambut baik keberhasilan Desa Kertayasa menjadi desa terbaik pertama Desa Wisata se-Nusantara.

"Waktu itu saya berpikir masuk 10 besar juga sudah bagus, karena memang target kita 10 besar, tetapi ini dilanjutkan lagi dan Alhamdulillah Desa Kertayasa juara tingkat satu nasional, Desa Wisata kategori Desa Maju", ujarnya.

 

Menurutnya ini suatu hal yang sangat luar biasa dari hasil kerjasama, gotong royong antara Kepala Desa dan masyarakat sehingga apa yang diinginkan tercapai, sehingga memotivasi untuk lebih maju lagi.

"Ini sangat luar biasa,  yang lebih luar biasa lagi Kepala Desa dan warganya, semangatnya luar biasa. Terimakasih ini menjadi kebanggaan, memberikan motivasi pada kita semua, karena walau jarak jauh dari kota, Desa Kertayasa telah membuktikan kualitasnya. Ini bukti kalau kita fokus, kalau kita bergotong royong semua bisa tercapai", ujarnya.

 

Ia pun mengatakan, ini merupakan keberhasilan kreativitas masyarakat desa.
"Desa Kertayasa ini gak istimewa, apa yang dikerjakan oleh Kepala Desa dan masyarakatnya ini merupakan suatu kreatifitas dan inovasi yang luar biasa", pungkasnya.

 

Sementara itu Agun Gunandjar Sudarsa sangat mengapresiasi apa yang di dapat Desa Kertayasa menjadi juara tingkat nasional.
"Saya jujur apresiasi, merasa bangga karena kriteria yang digunakan lebih kepada aspek gotong royong, jadi desa ini bisa dikatakan sebagai desa juaranya wisata, kenapa karena kriteria tentang wilayahnya ada potensi wisata, ada sungai, gunung, alamnya dan yang membuat desa ini maju karena bisa tumbuh kembang tanpa dihadirkan lebih dulu pihak pemerintah, ini berasal bersumber dari semangat gotong royong kepala desa dan warganya", ungkapnya.

 

Lanjut Agun, krietrria desa maju disematkan kepada Desa Kertayasa karena potensinya masih bisa terus dikembangkan.
"Yang kedua mendapat kriteria desa maju karena memang ternyata potensi untuk tumbuh hidup lebih maju kedepan sangat memungkinkan berbeda dengan desa lain", katanya.

 

Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan

H. Wawan Kustaman., S.Pd., MM