Berita OPD

Wakil Bupati Pangandaran Hadiri Launching Program Bantuan BLT Minyak Goreng oleh TNI 

Wakil Bupati Pangandaran Hadiri Launching Program Bantuan BLT Minyak Goreng oleh TNI 

Pangandaran - Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menghadiri launching Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng oleh TNI tahun 2022 di Kabupaten Pangandaran. Jumat (27/5/22), bertempat di Makoramil 1320 Pangandaran. 

 

Hadir pada kedempatan tersebut Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wakyu Alfiyan Arisandi, S.IP., M.I. Pol, Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, SH., S.IK, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pangandaran Drs. Tedi Garnida, M.M, Camat Pangandaran dan Camat Sidamulih.

 

Total Penerima BLT Minyak Goreng di  Kabupaten Pangandaran sebanyak 10.000 penerima yang tersebar di 10 kecamatan.

 

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menuturkan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah yang bekerjasama dengan TNI dan Polres Pangandaran terhadap masyarakat

“Acara ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat yang beberapa tahun ini menghadapi pandemi covi19. Acara ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pangandaran dengan TNI dan Polri,” tuturnya.

 

Beliau juga menegaskan bahwa Pemerintah selalu hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat salah satunya memberikan bantuan akibat kelangkaan minyak goreng.
“Pemerintah selalu hadir khususnya memenuhi kebutuhan masyarakat dan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah memberikan bantuan akibat dari pada kelangkaan minyak goreng".

 

Sekarang Pemerintah sudah menetapkan harga eceran tertinggi minyak goreng yaitu Rp. 14.000 dan ini di subsidi Pemerintah Rp. 300.000 selama setahun artinya harga pasaran perkilo yang real itu Rp. 18.000 artinya ada selisih maksimal Rp. 4.000 perkilo” tegasnya.

 

Beliau juga berharap dapat meringankan beban pedagang serta pendapatan masyarakat meningkat dan sejahtera

“Mudah-mudahan semua ini dapat meringankan beban pedagang dan meningkatkan produktivitas, diharapkan nanti pendapatan masyarakat dapat meningkat serta kesejahteraan. Pemerintah banyak membantu dan sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat” harapnya.

 

Sementara itu, Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Inf Wakyu Alfiyan Arisandi, S.IP., M.I. Pol menambahkan BLT tersebut merupakan dana bantuan dari Badan Keuangan Presiden yang harus disalurkan kepada masyarakat.

“Kegiatan  ini adalah melaksanakan Penyaluran Dana BLT minyak goreng yang mana BLT minyak goreng ini adalah dana dari Badan Keuangan untuk disalurkan kepada masyarakat. Bantuan ini disalurkan kepada masyarakat melalui TNI dan Polri ” tambahnya.

 

Selanjutnya Beliau mengharapkan dana tersebut dimanfaatkan dan digunakan semaksimal mungkin oleh masyarakat terutama pedagang kaki lima atau warung kecil untuk pembelian minyak goreng. 

“Untuk Kabupaten Pangandaran sendiri kita mendapat alokasi sejumlah uang sebesar Rp. 3 Milyar karena untuk Kabupaten Pangandaran untuk disalurkan kepada 10.000 penerima,  dengan harapan dana ini benar-benar digunakan oleh masyarakat untuk penggunaan pembelian minyak goreng. Dana ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat terutama warga yang dalam kategori pedagang kaki lima maupun warung kecil, Ini adalah bukti kepedulian dari Pemerintah dan Negara hadir untuk mengatasi warga yang mengalami kesulitan minyak goreng” jelasnya.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran