Berita OPD

WAKIL BUPATI PANGANDARAN BERZIARAH KE MAKAM SYEKH WIJAYA KUSUMA

WAKIL BUPATI PANGANDARAN BERZIARAH KE MAKAM SYEKH WIJAYA KUSUMA

Wakil Bupati Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan hadiri dzikir bersama dan istighosah bertempat di Makam Syekh Wijaya Kusuma di Pasir Jaringao, Desa Sindangsari, Cimerak. Kamis, (02/02/2023).

 

Kegiatan ziarah ini bertepatan dengan haul yang ke-3 Syekh Wijaya Kusuma. Sebagaimana yang diketahui, Syekh Wijaya Kusuma adalah tokoh yang pertama kali menyebarkan agama Islam di wilayah Pangandaran, khususnya di Kecamatan Cimerak.

 

Wakil Bupati  pada kesempatan ini mengingatkan kepada para warga agar meluruskan niat dalam berziarah.

 "Berziarah kali ini adalah sebagai tanda cinta terhadap ulama, niatkan kita ada di sini untuk berziarah kepada ulama, ke orang yang shalih, orang yang menyebarkan Islam, "ujarnya.

 

Beliau pun menyampaikan bahwa hakikat ziarah ada 3 yaitu; pertama, mengingat kebaikan orang yang sudah meninggal, dalam hal ini Syekh Wijaya Kusuma, "Kita juga harus mendo’akan almarhum yang telah berjasa dalam syiar Islam, "tuturnya. 

 

Lebih lanjut, beliau menambahkan, "yang kedua yaitu mengingatkan bahwa pada akhirnya kita akan meninggal, kembali pada Sang Pencipta Allah SWT. Dan yang ketiga adalah mengingat kebesaran Allah SWT, dengan berdzikir dan menyebut Asma-Nya, itu adalah bentuk rasa cinta kita kepada Allah SWT, "ujarnya. 

 

Wakil Bupati Ujang berharap masyarakat yang berziarah harus lebih rajin shalat dan ibadahnya, "jangan jadi malas, harus meningkatkan keimanan ketaqwaan dan juga rasa cinta kepada Nabi Muhamad SAW dengan cara melaksanakan segala ajarannya, "pungkasnya.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran