Berita OPD

Wabup Pangandaran Hadiri Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Tahun 2021

Wabup Pangandaran Hadiri Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Tahun 2021

PROKOPIM - Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan hadiri Rapat Koordinasi Panitia Pertimbangan Landreform Tahun 2021. Selasa, 8/6/2021, bertempat di Aula Rapat Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Pangandaran.

 

Hadir pula Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pangandaran, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Pertanian, Kabag Pemerintahan Setda, serta undangan lainnya.

 

Wakil Bupati Pangandaran menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan redistribusi tanah ini menunjukkan adanya sinergitas dan kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pangandaran.
"Ini menunjukkan adanya sinergitas dan kerjasama Pemerintahan Daerah dengan instansi vertikal yang dalam hal ini adalah Badan Pertanahan Nasional yang merupakan wakil dari lembaga Pemerintah Pusat, " ujarnya.

 

Lanjut, redistribusi tanah adalah salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat.
"Redistribusi menurut pemahaman saya itu ada yang diberikan untuk masyarakat dan ada yang diberikan kepada badan usaha yang berbadan hukum. Redistribusi ini berperan untuk lebih mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dan ini adalah salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat," Lanjutnya.

 

Beliau berharap lebih ditingkatkan lagi kerjasama antara Badan Pertanahan Nasional dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran untuk terjamin kepastian hukum sehingga menimbulkan rasa percaya diri terhadap masyarakat.
"Saya berharap kerjasama antara instansi vertikal dengan Pemerintah Daerah dipererat lagi sehingga nanti kaitan hak-hak atas tanah itu kepastian hukum terjamin dan itu menimbulkan rasa percaya diri terhadap masyarakat," Harapnya.

 

Wakil Bupati Pangandaran menegaskan bahwa redistribusi tanah perlu diprioritaskan untuk orang-orang yang membutuhkan tanah. 
"Redistribusi tanah ini diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, karena masih banyak masyarakat yang masih menumpang di tanah milik orang sehingga perlu diprioritaskan untuk orang-orang yang membutuhkan," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan berharap saling mendukung dalam kegiatan ini bersama-sama kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran.

"BPN saling mendukung kegiatan Pemerintah Daerah walaupun kami instansi vertikal, saya sangat mengharapkan saling mendukung bersama-sama kegiatan Pemerintah Kabupaten Pangandaran," harapnya.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran