Berita OPD

Tingkatkan Pelayanan KB Kepada Masyarakat, Mobil Pelayanan KB Siap Beroperasi Di Kab. Pangandaran

Tingkatkan Pelayanan KB Kepada Masyarakat, Mobil Pelayanan KB Siap Beroperasi Di Kab. Pangandaran

HUMAS - Dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan terutama di bidang Keluarga Berencana di Kabupaten Pangandaran,  Pemerintah menyerahkan satu unit mobil layanan KB, kepada Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Pangandaran, bertempat di Alun-alun Parigi. Senin, 23 Desember 2019. Keberadaan mobil unit layanan KB tersebut ditinjau oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata didampingi Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari. 

 

Untuk membantu pelayanan, dalam mobil layanan KB tersebut terdapat berbagai peralatan yaitu implan kit, IUD kit. obgyn bed, stabilisator, tabung oksigen, generator, lampu oprasi dll. Sedangkan jenis layanan yang disediakan dalam mobil unit pelayanan KB tersebut yaitu pelayanan IUD,  implan, dan metode operasi pria (MOP).

 

Menurut Bupati, Mobil unit pelayanan KB tersebut akan membantu pemerintah dalam melaksanakan pelayanan ke masyarakat, dimana dengan mobil ini dapat menjangkau akseptor KB yang di peloksok.

"Dengan adanya mobil layanan KB ini, ya tentu membantu kita memberikan pelayan KB bagi daerah-daerah yang terpencil yang ke Puskesmas jauh, walaupun sekarang akses jalan sudah bagus", ujarnya.

 

Hal ini akan berimbas pada meningkatnya para peserta KB di masyarakat Kabupaten Pangandaran.
"Kalau mereka di datangi maka kepesertaan KB akan semakin tinggi, kita ini tertinggi se-Jawa Barat", katanya.

 

Ia pun menambahkan mobil layanan KB perannya akan di optimalkan.  
"Kalau ini lebih bergerak, kan menambah aseptor KB di Kab. Pangandaran. Ini di optimalkan pelayanan ke daerah-daerah terpencil", ujarnya.

 

Sementara Dudung Sopandi, Kabid KB, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga mengatakan, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat nanti akan di bentuk tim. 
"Untuk memberikan pelayanan dan menjangkau daerah terpencil maka akan di bentuk tim keliling bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam pelaksana medisnya", ungkapnya.

 

Selain itu menurut Dudung, bagi yang ingin dilayani akan ada jadwal yang ditentukan tim. 
"Kalau ada permintaan, maka kita datang kesana , ada jadwalnya potensial, minimal 4 kali pelayanan khusus per triwulan, keliling ke Kecamatan-kecamatan", katanya.

 

Dengan adanya mobil ini, Dudung berharap dapat meningkatkan pelayanan.
"Dengan adanya mobil pelayanan ini, diharapkan meningkatkan pelayanan KB kepada masyarakat". pungkasnya.

 

Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan

H. Wawan Kustaman., S.Pd., MM