Berita OPD

REBOISASI TANJUNG CEMARA DORONG PRODUKTIVITAS KESUBURAN PERAIRAN LAUT

REBOISASI TANJUNG CEMARA DORONG PRODUKTIVITAS KESUBURAN PERAIRAN LAUT

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melakukan Gerakan Menanam Pohon serta susur sungai, bertempat di objek wisata Tanjung Cemara, Pantai Karang Tirta. Minggu (15/1/2023).


Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPD PDIP Provinsi Jawa Barat Dra. Hj. Ijah Hartini, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin H.M.M, Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran, serta Para Pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Pangandaran.


Menurut Bupati, kegiatan ini sebagai upaya untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan yaitu pohon sebagai sumber oksigen, menghalangi paparan langsung sinar matahari sehingga lingkungan menjadi teduh.
"ini tentu adalah langkah yang bermanfaat menanam pohon dan susur  sungai" tutur beliau.


Dalam kesempatan tersebut Bupati melakukan penanaman pohon Cemara dan mangrove yang diharapkan dapat memperindah lingkungan di sekitar tanjung cemara.


Selain itu, pohon mangrove secara khusus dapat berfungsi menahan abrasi pantai sehingga tidak terjadi erosi, serta dapat menjadi Nursery Ground (Daerah Pembibitan Alami).

 

Bupati mengungkapkan bahwa Nursery Ground sangat penting untuk mendorong produktivitas kesuburan sebuah perairan wilayah laut.


"Produktivitas kesuburan sebuah perairan wilayah laut ditentukan bukan hanya adanya daerah payau yang gundul seperti ini tetapi daerah payau yang ditumbuhi pohon bakau, disitulah ikan-ikan menempel, inilah yg disebut dengan nursery ground. Jadi kalau ada payau yang tidak ada pohon bakaunya tentu tidak akan  mempunyali korelasi positif dengan kesuburan aktivitas perairan di wilayah tersebut" ungkap beliau.


Pada gerakan penanaman pohon ini, terdapat 2000 pohon yang terdiri dari pohon mangrove, cemara dan kesambi.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran