Berita OPD

Peresmian Bale Adhyaksa Kejari Ciamis Oleh Bupati Pangandaran

Peresmian Bale Adhyaksa Kejari Ciamis Oleh Bupati Pangandaran

Pangandaran - Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata resmikan Bale Adhyaksa Kejaksaan Negeri Ciamis yang bertempat di Jalan Karangsari, Desa Pananjung, Kec. Pangandaran. Selasa (21/6/2022).

 

Acara dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Erny Veronika Maramba, S.H., M.Hum., Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin H.M.M., Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, SH. S.I.K., Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr. Drs. H. Kusdiana, M.M., Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Daerah, Perwakilan dari Pengadilan Negeri Ciamis, Perwakilan dari Pengadilan Agama Ciamis, Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Pangandaran dan Para Camat Se - Kabupaten Pangandaran.


Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Erny Veronika Maramba, S.H., M.Hum., pada kesempatan ini menghaturkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran.
"Yang perlu kami sampaikan pada kesempatan ini apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati Pangandaran beserta jajaran, yang atas permohonan kami untuk melakukan optimalisaai tugas fungsi kejaksaan di daerah Pangandaran yang masih menjadi wilayah hukum Kejaksaan Negeri Ciamis" ungkapnya.


Beliau menyampaikan tugas fungsi Kejaksaan yang makin ditegaskan di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan, yaitu menciptakan kondisi yang kondusif dan mengamankan pelaksanaan pembangunan, pencegahan KKN, dan memberikan pertimbangan dalam masalah hukum kepada Presiden dan instansi pemerintah lainnya.


Selain itu Beliau pun menuturkan ada 4 layanan yang terdapat di Bale Adhyaksa yaitu sebagai berikut :
1. Layanan koordinasi dan konsultasi
2. Layanan pengaduan masyarakat
3. Pojok konsultasi hukum gratis
4. Layanan tilang


Harapan beliau kedepannya Bale Adhyaksa ini dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Pangandaran.
"Kami berharap kehadiran Bale Adhyaksa ini kami persembahkan kemanfaatannya untuk masyarakat Kabupaten Pangandaran, yang bisa berkolaborasi bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk mensupport atau mendukung pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran" harapnya.


Sementara itu, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata mengapresiasi kinerja Kejaksaan Negeri Ciamis.
"Kejari Ciamis dipimpin oleh Bu Erny Veronika ini baru 3 bulan tetapi dari beberapa pertemuan dan komunikasi, langkah-langkah beliau itu lebih banyak berkoordinasi berkaitan dengan pencegahan korupsi dan pencegahan penyalahgunaan wewenang. Beliau mensosialisasikan berbagai persoalan sampai ke tingkat yang paling bawah" ucapnya.


Lanjut beliau, saat ini masyarakat merupakan bagian dari penyelenggaraan pembangunan sekaligus bagian dari pengawasan penyelenggaraan pemerintahan.
"Saya kira dengan dinamika kehidupan yang semakin terbuka, dimana masyarakat itu menjadi bagian dari penyelenggaraan pemerintahan sebagai objek subjek sekaligus sebagai bagian dari pengawasan" lanjutnya.


Pada akhir sambutannya beliau menyampaikan harapan kedepan terkait kinerja Kejaksaan Negeri Ciamis dapat lebih optimal di Kabupaten Pangandaran.
"Terima kasih, mudah-mudahan apa yang Bu Kajari sampaikan, pencegahan korupsi dan lain sebagainya dapat berjalan dengan baik sehingga apa yang tidak kita inginkan tidak terjadi di Kabupaten Pangandaran. Terima kasih, sehat dan sukses selalu ibu dalam memimpin Kejari Ciamis" pungkasnya.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran