Berita OPD

PEMKAB PANGANDARAN TERUS BERBENAH DALAM SEKTOR WISATA

PEMKAB PANGANDARAN TERUS BERBENAH DALAM SEKTOR WISATA

Sebagai daerah tujuan wisata yang sagat diminati, Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus berbenah. Salah satu upaya yang dilakukan adalag melakukan Rapat Koordinasi Pelaku Usaha Jasa Wisata Tirta (YP3 Yayasan Perahu Pesiar Pangandaran) yang dipimpin langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, bertempat di GOR Desa Pangandaran. Rabu (5/7/2023)



Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Kepala SAR Kabupaten Pangandaran, Kasatpol Air Pangandaran, Danpos TNI AL Pangandaran, Ketua Balawista Kabupaten Pangandaran, Ketua Yayasan Perahu Pesiar Pangandaran, serta para pelaku usaha perahu pesiar.



Menurut Bupati, tujuan rakor selain untuk bersilaturahmi dengan para pelaku usaha perahu pesiar di Pangandaran, juga untuk nendiskusikan langkah-langkah untuk perbaikan kedepan.



Selanjutnya, beliau menyampaikan 4 aspek yang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Pangandaran.
"Ada 4 yang kita lakukan. Yang pertama pendidikan karena menyangkut persiapan, pembinaan, pengawalan proses pembangunan sumber daya manusia di dunia pendidikan; Yang kedua kesehatan, ini adalah hal yang paling penting karena berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Saat ini berobat di Pangandaran sudah gratis dan tercover oleh BPJS karena Pangandaran sudah mendapatkan penghargaan UHC; Yang ketiga infrastruktur, saat ini jalan di berbagai wilayah di Pangandaran sudah dalam kondisi yang baik; dan yang keempat pariwisata, penaataan pantai itu tidak mudah. Tapi pantai adalah sesuatu yang harus kita jaga" tutur beliau.


Bupati dalam arahannya meminta agar pihak terkait membuat SOP terkait pengoperasian perahu pesiar agar kedepannya lebih aman untuk para wisatawan.
"Saat ini zonasi berenang dan perahu pesiar tidak dipisahkan, maka hari ini saya ingin kita buat SOP, yaitu aturan ketika perahu mau berangkat dan mau mendarat harus bagaimana" imbuh beliau.



Beberapa pihak yang diminta untuk turut andil dalam pembuatan SOP diantaranya Ketua Yayasan Perahu Pesiar Pangandaran, Balawista, Satgas Jaga Lenbur serta perwakilan para pelaku usaha perahu pesiar, dibawah pengawasan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran