Berita OPD

Pemkab Pangandaran Meraih Penghargaan Daerah Tertib Ukur

Pemkab Pangandaran Meraih Penghargaan Daerah Tertib Ukur

Prokopim - Umur Kabupaten Pangandaran baru mau menginjak usia 10 tahun nanti 25 oktober 2022, walau demikian kabupaten ini telah membuktikan bahwa umur bukan ukuran untuk tak berprestasi , terbukti kabupaten pangandaran terus meraih berbagai penghargaan.

 

Pada Rabu, (31/8/2022), Kabupaten ini terus menambah pundi-pundi penghargaan dengan diraihnya penghargaan dalam ajang Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen Tahun 2022 pada kategori Daerah Tertib Ukur.

 

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr. Drs. H. Kusdiana, M.M.,  yang diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Dr. (H.C) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M bertempat di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Kalimantan Timur. 

 

Daerah tertib ukur merupakan predikat bagi Pemerintah Daerah yang telah memenuhi kriteria, terdiri dari kriteria utama dan kriteria penunjang.

 

Kriteria Utama terdiri dari :
1. UTTP yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku
2. BDKT yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku

 

Kriteria Penunjang terdiri dari :
1. Ketertelusuran standar
2. Indeks UML
3. Pemahaman masyarakat
4. Kepatuhan pelaporan
5. Inovasi pelayanan

 

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan serta merupakan apresiasi bagi daerah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi sehari-hari, baik dilakukan secara konvensional maupun sistem digital.

 

Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen Tahun 2022 dihadiri oleh 31 Kepala Daerah yang akan memperoleh penghargaan, terdiri dari 6 Gubernur untuk penghargaan Daerah Peduli Perlindungan Konsumen, 6 Bupati/Walikota untuk penghargaan Pasar Rakyat yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia, 1 Gubernur dan 16 Bupati/Walikota untuk Penghargaan Daerah Tertib Ukur, dan 4 Bupati/Walikota yang mewakili penghargaan Pasar Tertib Ukur.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran