Berita OPD

Pantai Madasari, Tempat Indah Menyimpan Sejuta Pesona

Pantai Madasari, Tempat Indah Menyimpan Sejuta Pesona

Pantai Madasari, inilah nama salah satu pantai terindah yang terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Pantai ini sering dijuluki sebagai “pantai perawan”. Tak heran jika julukan tersebut diberikan kepada pantai ini, padahal suguhan keindahan pantai serta pemandangan alam di Pantai Madasari begitu indah dan dapat memanjakan mata para pengunjung.

 

Keindahan Pantai Madasari merupakan maha karya luar biasa. Ombak yang besar dan teluk yang indah melengkapi harmoni pantai ini, ditambah dengan adanya batu karang di tengah laut yang akan membuat pengunjung berdecak kagum.


Sebenarnya untuk menuju pantai ini tidak begitu sulit, bagi pengunjung yang menuju Pantai Madasari melewati rute jalan Desa Masawah Kecamatan Cimerak, bisa belok ke kiri dari dekat kantor Kecamatan Cimerak tepat nya di Dusun Cikahuripan Desa Masawah dengan jalur yang mulus alias hot mix, sedangkan pengunjung bisa melaju terus menempuh jalan nasional nanti bisa belok kiri dari Desa Legok Jawa, kearah pacuan kuda legok jawa terus lurus jalur pantai.


Pantai ini menyajikan panorama alam yang spesifik dengan pulau-pulau kecilnya berpadu dengan hijaunya daratan masawah, dan dihiasi pula oleh batu-batu karang yang unik dengan pantainya yang landai. Di sekeliling obyek ditumbuhi pepohonan hijau dengan hamparan dataran, serta didalamnya terdapat jalan setapak yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki menuju objek wisata Pantai Batukaras. Wisata Pantai Madasari Pangandaran merupakan pantai yang menyembunyikan sejuta keindahan di balik pohon-pohon ketapang yang berjejer di sepanjang pantai.


Bagi pengunjung yang menyukai keheningan alam, wisata pantai yang tersembunyi di Pantai Madasari Pangandaran ini sangat cocok bagi pengunjung guna menenangkan pikiran. Hal ini dikarenakan karena pantai ini masih sangat alami dan masih jarang dikunjungi. Tapi meskipun pantai masih sepi pengunjung, bukan berarti pantai ini tidak dirawat. Agar memudahkan para pengunjung, di Pantai Madasari mulai dibangun beberapa fasilitas umum seperti mushola dan toilet. Momen paling menarik yang bisa pengunjung saksikan di pantai ini yakni suguhan deburan ombak yang menabrak karang-karang setinggi 5-6 meter, yang pastinya tidak bisa dilihat di setiap pantai. Tempat ombak menabrak karang ini biasa disebut dengan “sebrotan”.


Pengunjung yang suka berpetualang pun dapat menjelajah alam yang ada di sekitar Pantai Madasari yang indah ini. Konon katanya di sekitaran alam Pantai Madasari masih banyak hewan-hewan yang hampir punah seperti cangehgar / ayam hutan. Ditambah dengan pulau pulau kecil disekitaran pantai ini, semakin menambah pemandangan alam yang sangat menarik dan menakjubkan.


Rasanya tak akan pernah ada habisnya jika menceritakan keindahan pantai yang satu ini, selain menyajikan panorama alam yang indah dan menawan, hempasan ombak cukup besar juga dimiliki Pantai Madasari, sehingga dapat menjadi tempat yang cocok bagi pengunjung yang senang berselancar. Tidak hanya wisatawan lokal, hampir setiap hari tampak pula wisatawan mancanegara yang datang berkunjung untuk berselancar di pantai ini. Wisatawan asing ini antara lain berasal dari Jerman, Prancis dan Italia.