Berita OPD

Pangandaran Kembali Raih Penghargaan ANUBHAWA SASANA DESA 

Pangandaran Kembali Raih Penghargaan ANUBHAWA SASANA DESA 

Kabupaten Pangandaran menerima Penghargaan Anubhawa Sasana Desa dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Penghargaan diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari. Bertempat di Aula Barat Gedung Sate Bandung. Rabu, 4 Desember 2019.

 

Menurut Kepala Bagian Hukum Setda Pangandaran, Syarif Hidayat SH., M.Si yang ikut mendampingi Wakil Bupati Pangandaran, Penghargaan tersebut diberikan berkat inovasi, jasa dan komitmen kepala daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya desa dan kelurahan melalui pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

"Piagam Penghargaan Anubhawa Sasana Desa yang diterima merupakan atas jasa-jasa dalam membina dan mengembangkan desa-desa di wilayah Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat sebagai Desa Sadar Hukum", ujar Kabag Hukum.

 

Lanjutnya, desa yang ada di Kabupaten Pangandaran semuanya sudah menerima penghargaan desa sadar hukum.
"Dari 93 desa yang ada di Kabupaten Pangandaran, Alhamdulillah semua desa tahun ini sudah sadar hukum", ujarnya.

 

Ia pun mengharapkan dengan diraihnya penghargaan tersebut seluruh masyarakat agar sadar hukum, salah satunya bagaimana ikut serta dalam peningkatan pembangunan. 

"Arahan Pak Menteri, dengan desa sadar hukum masyarakat taat akan aturan, sadar pajak, serta mendukung upaya pembangunan", katanya.

 

Adapun Desa/Kelurahan Sadar Hukum merupakan desa/kelurahan yang telah dibina atau karena swakarsa dan swadaya telah memenuhi kriteria sadar hukum berdasarkan SE Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham serta penilaian E-Darkum oleh Pemda Provinsi Jabar.

 

Dalam kesempatan inipun diresmikan pula desa/kelurahan sadar hukum, dan pemberian penghargaan kepada desa kelurahan sadar hukum.

Sementara 18 Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan yakni Kabupaten Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Bandung, Sumedang, Garut, Ciamis, Pangandaran, Bandung Barat, Tasikmalaya, serta Kota Depok dan Kota Bandung.


Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan
H. WAWAN KUSTAMAN, S.Pd., MM