Berita OPD

Kampung KB Makaya Desa Kertayasa, Kampung KB Wisata

Kampung KB Makaya Desa Kertayasa, Kampung KB Wisata

HUMAS - Dinas/ Badan yang membidangi Keluarga Berencana (KB) dari 27 kabupaten /kota yang ada di Jawa Barat mengikut Launching Kampung KB Wisata dan Rebranding Program Bangga Kencana, bertempat di Dusun Karangpaci, Desa Kertayasa Kec. Cijulang, Kabupaten Pangandaran,  Senin, 16 November 2020.

 

Launching ini dihadiri oleh Pjs Bupati Pangandaran Dr. H. Dani Ramdan M.T, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat Kusmana, Kepala Dinas yang membidangi KB di Kabupaten/ Kota se Provinsi Jabar, Camat Cijulang dan Kepala Desa Kertayasa.

 

Desa Kertayasa selain alamnya yang indah mempunyai potensi wisata yang demikian bagus seperti Green Canyon, tempat wisata alam palatar juga kaya akan budaya, berkaitan dengan hal tersebut kampung KB Wisata Makaya Dusun Karangpaci Desa Kertayasa, didaulat menjadi kampung KB Wisata pertama di Kabupaten Pangandaran, dan ke-4 di Provinsi Jawa Barat.

“Ini luar biasa sebuah inovasi dan juga strategi, saya senang Dinas yang menangi KB, Kabupaten/Kota itu memberikan contoh melakukan kampanye bersama-sama, disamping itu ada peresmian kampung KB wisata makaya, jadi mengkombinasikan antara penyelenggaraan KB dengan penyelenggaraan wisata menambah khasanah wisata Kabupaten Pangandaran yang memang menata diri sebagai daerah wisata”, ujar Dani.

 

Lanjut Dani, tentu untuk menjadi kelas dunia itu harus ada keunikan kalau pantai dimanapun ada, gunung dimanapun ada, tetapi kegiatan masyarakatnya itu misalnya nanti dalam rangka pengembangan kb melalui budaya.
“Tadi saja musiknya tradisional itu menjadi contoh pengembangan budaya akan terus ditingkatkan, selain itu kita akan dorong desa-desa yang lain mengembangkan di desanya dan memodifikasi sesuai dengan ke khasanya desa masing-masing”,katanya.

 

Sementara itu Kusmana menyampaikan dirinya melihat potensi Kampung KB Makaya sangat luar biasa.  
“Saya melihat ini merupakan potensi yang luar biasa, ini adalah masa depan wisata khususnya di Jawa Barat. Di Jawa Barta ini banyak potensi pariwisata seperti ini , tetapi seperti yang dijelaskan oleh Pak Pjs kita masih mengolah dan ini dicoba dengan ikhtiar digabung, disenergikan dengan kampung keluarga berkualitas”, ujarnya.

 

 “Potensi-potensinya akan kita coba dikembangkan bersama-sama melalui program yang namanya kampung KB wisata”, katanya.

 

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pula penandatanganan kampung KB Makaya menjadi Kampung KB Wisata,  juga dilaksanakan Pawai Keliling 21 Mupen Racing Roadshow Ayo Cegah Stunting, yang mengkampanyekan perubahan perilaku terutama 3M ( Memeakai Masker, Mencucitangan Pakai Sabun dan Menjaga Jarak).

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran