Berita OPD

Kab. Pangandaran Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Kab. Pangandaran Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Di penghujung tahun ini, Kabupaten Pangandaran yang baru berumur 7 tahun terus mendapatkan penghargaan, salahsatunya penghargaan berasal dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Penghargaan yang diterima Kabupaten Pangandaran kali ini adalah sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia.

Penghargaan diberikan oleh Dirjen Hak Asasi Manusia  Dr. Mualim Abdi SH., MH dan diterima langsung oleh Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kab. Pangandaran Syarif Hidayat SH., MSi, bertempat di Gedung Merdeka Bandung. Senin, 10 Desember 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri Menko Polhukam RI , Menteri Hukum dan HAM, Gubernur Jawa Barat, dan para Gubenur, Bupati dan Walikota yang terpilih mendapat penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Sejumlah 425 Kabupaten/Kota dari jumlah keseluruhan 514 Kabupaten/Kota, telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian dibidang pemenuhan Hak Asasi Manusia, dari jumlah tersebut, 272 Kabupaten/Kota memenuhi kategori Peduli HAM, dan 96 Kabupaten/Kota dikategorikan Cukup Peduli HAM.

Adanya sejumlah perubahan dalam kriteria dan indikator dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM, ditambah penggunaan aplikasi yang lebih terintegrasi dan penilaian eksternal Kementerian Hukum dan HAM untuk mencapai kriteria kabupaten/kota Peduli HAM, ini cukup sulit dan ketat.

Namun ternyata sebagian besar Pemerintah Daerah tetap memiliki komitmen tinggi untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakatnya dan upayanya tersebut berhasil.

Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan

H. Wawan Kustaman., S.Pd., MM