Berita OPD

Kab. Pangandaran Raih Penghargaan SPMP Award

Kab. Pangandaran Raih Penghargaan SPMP Award

Kabupaten Pangandaran meraih peringkat 1 (satu) kategori TPMPD se-Jawa Barat pada SPMP Award yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LPMP Jawa Barat Gusmayadi Muharmansyah yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Pangandaran Drs. H. Surman, M.Pd. Kamis, 28 November 2019, bertempat di Hotel El Royale Bandung.


Pada kesempatan ini pula Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata menjadi narasumber terkait berbagai kebijakan di bidang pendidikan yang telah dilaksanakan, sehingga Kabupaten Pangandaran menjadi Pangandaran yang Hebat.

 

Bupati Pangandaran dalam paparannya menyebutkan terdapat 2 (dua) faktor utama Kabupaten Pangandaran menjadi hebat dalam bidang pendidikan, yaitu kebijakan pemerintah pusat, juga sokongan pemerintah daerah dengan kebijakannya. 

 

Menurutnya, program pendidikan yang terpenting adalah terbangunnya kultur yang baik.

"apapun tujuan yang dilakukan pemerintah daerah, yang paling penting adalah terbangun kultur yang baik".

 

Lanjut, terdapat 3 (tiga) program unggulan pemerintah daerah di bidang pendidikan yaitu : Program Pendidikan Karakter Ajengan Masuk Sekolah (AMS), Program Pangandaran Mengaji, serta Program Pendidikan Pangandaran Hebat. 

 

Disdikpora Kab. Pangandaran dengan moto 0 rupiah dibangun sebagai salahsatu awal program Pangandaran Hebat yang kemudian dikembangkan menjadi program pendidikan gratis untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK / sederajat, serta beasiswa bagi putra/i Pangandaran yang menimba ilmu dibeberapa Universitas di Jawa Barat, tambahnya

 

Kebijakan ini pun berdampak baik terhadap peningkatan mutu rapot pendidikan jenjang SD/SMP, serta peningkatan prestasi siswa akademik dan non akademik, pungkasnya (humas/wsa)


Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan
H. WAWAN KUSTAMAN, S.Pd.,MM.