Berita OPD

Ikon dan Tagline Pemda Pangandaran Ditetapkan

Ikon dan Tagline Pemda Pangandaran Ditetapkan

HUMAS - Setiap daerah di Indonesia ini mempunyai ikon atau ciri khas tersendiri, begitu juga dengan Kabupaten Pangandaran yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat. Daerah yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis ini, resmi mekar pada 25 Oktober 2012 dan terdiri dari 10 Kecamatan serta memiliki ciri khas yaitu tagline Jangilus.

 

Sebagaimana menurut Surat Edaran Keputusan Bupati Pangandaran Nomor 130/Kpts.152-Huk/2020 tentang Penetapan Ikon dan Tagline Kabupaten Pangandaran.  Pemilihan ikon jangilus atau biasa disebut ikan marlin yaitu karena ikan tersebut berkarakter aktraktif, lincah dan kuat sehingga mencerminkan semangat dan spirit Pangandaran hebat. 

 

Selain itu, cara berenang ikan jangilus dengan gaya melompat ke atas ini menandakan simbol Pangandaran meraih kejayaan. Simbol dari logo ikon jangilus diambil dari filosofi tanggal Hari Jadi Kabupaten Pangandaran pada tanggal 25 Oktober 2012, dengan rincian terdapat 25 sirip pada dorsal fin jangilus yang diambil dari tanggal lahir, selain itu terdapat 10 motif khas camouflage jangilus diambil dari bulan lahir, sementara untuk tahunnya yang disederhanakan 12 terdapat pada sudut gaya lompat jangilus dengan kemiringan 12 derajat.

 

Sementara itu, untuk 10 bayangan camouflage jangilus merupakan makna 10 Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Pangandaran serta dalam ekor ikon jangilus terdapat 5 ruas sirip sebagai simbol Pancasila yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. 

 

Dalam Tagline World Class Destination dapat diartikan sebuah pelaksanaan, pencapaian dan sasaran Kabupaten Pangandaran menjadi tujuan wisata mancanegara sehingga semangat ini menjadikan Pangandaran siap menjadi salah satu destinasi terbaik tujuan kunjungan wisata dunia.

 

Untuk warna yang digunakan yaitu warna biru sebagai warna yang dianggap membawa rasa damai dan tenang bagi jiwa manusia serta menawarkan rasa dilindungi. Kelebihan lain dari ikon jangilus ini secara default logo jangilus dapat dibalik/mirror tanpa mengurangi makna dan artinya sesuai dengan kebutuhan branding logo.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran