Berita OPD

Desa Kertayasa Kab. Pangandaran, Juara Pertama Desa Wisata Nusantara 2019

Desa Kertayasa Kab. Pangandaran, Juara Pertama Desa Wisata Nusantara 2019

Pembinaan dan pengembangan desa menjadi desa yang maju di Kabupaten Pangandaran di apresiasi oleh Pemerintah Republik Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya Piagam Penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia oleh Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang sebagai Juara Pertama Tingkat Nasional kategori Maju pada Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019. Penghargaan sendiri diterima oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata bertempat di Tebing Breksi, Sleman, Jogjakarta. Selasa, 10 Desember 2019.

 

Sebelumnya pada Senin 25 November 2019, tim juri lomba desa wisata nusantara 2019 dari Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunannya Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi RI mengeluarkan hasil penilaian Desa Wisata Nusantara Tahun 2019, dimana Desa Wisata Kertayasa, Pangandaran, Jawa Barat, berada pada urutan pertama mengungguli daerah wisata yang berasal dari Bali, Jawa tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Keberhasilan yang sangat menggembirakan ini tentu mendapat apresiasi dari Bupati Pangandaran, ia menyampaikan kebanggaanya atas keberhasilan Desa Kertayasa menjadi Desa Wisata Juara Pertama Tingkat Nasional.

"Desa Kertayasa punya potensi alamnya yang bagus, ada Green Canyon, Bumdes-nya juga berjalan dengan baik, infrastruktur juga juga sudah bagus. Sebenarnya desa-desa yang lainnya seperti Desa Batukaras bisa kite dorong menjadi Desa Maju”, ujarnya.

 

Ia pun berharap agar desa-desa lainnya bisa mengikuti jejak Desa Kertayasa ini, untuk selalu bekerjasama dengan pemerintah sehingga akan terjalin komunikasi yang baik.
"Sungguh luar biasa dan mengucapkan terima kasih kepada Desa Kertayasa, karena alur komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah yang diwakili oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Sosial PMD terjalin cukup baik apabila bekerja dengan hati dan ikhlas semua akan terwujud", ujarnya.

 

Sementara itu melalui halaman media sosial facebook, Pemerintah Desa Kertayasa mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pangandaran yang setia mendampingi Pemdes Desa Kertayasa.

"Terimakasih kepada Bapak Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, telah mendampingi kami Desa Kertayasa Cijulang Pangandaran dalam acara PENGANUGERAHAN PEMENANG LOMBA DESA WISATA NUSANTARA TAHUN 2019 di Tebing Breksi, Sleman, Jogjakarta", Cuitannya.

 

 

Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan

H. Wawan Kustaman., S.Pd., MM