Berita OPD

Bupati Pangandaran Resmikan Lumbung Pangan

Bupati Pangandaran Resmikan Lumbung Pangan

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata meresmikan lumbung pangan masyarakat dan sarana pendukungnya Kelompok Tani Karya Taruna II di Desa Cintaratu Kec Parigi. Senin, 9 Desember 2019.

 

Bangunan yang diresmikan terdiri dari bangunan lumbung dan rumah RMU (18m X 10m X 4m) dengan kapasitas 60 ton, lantai jemur (10m X 10m) dengan kapasitas 5 Ton, dan Rice Milling Unit (RMU) dengan kapasitas 1200 Kg/Jam. Selain mendapat bantuan gedung dan alat lainya, kelompok tani karya taruna II juga mendapat bantuan gabah sebanyak 7.307 Kg.

 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Kab. Pangandaran, Kepala Dinas Pertanian Kab. Pangandaran, Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan, Camat Parigi, Kepala Desa Cintaratu, serta pengurus dan anggota kelompok tani taruna karya II.

 

Menurut Bupati, lumbung pangan merupakan tempat penyimpanan pangan masyarakat sekitar desa, serta melindungi petani dari musim paceklik.

"Lumbung pangan ini harus digunakan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat, sehingga masyarakat merasakan betul dengan adanya lumbung pangan ini".

 

Untuk mengelola lumbung pangan supaya dapat berjalan dengan baik, menurut Bupati pengelolanya harus mempunyai inovasi.
"Tetapi pengelolaan lumbung pangan harus pintar, mencari inovasi misalnya lumbung pangan menjadi stok buffer, dibuat packaging, buat bag beras karya taruna II, buat terobosan sehingga produksi beras dapat terus berjalan dan meningkat".

 

Pembangunan di Kabupaten Pangandran tahun depan akan meningkatkan SDM dan menggerakan ekonomi masyarakat sampai dengan mikro agar ekonomi di Kabupaten ini berjalan dengan baik, pungkas Bupati.

 

Sementara itu kepala DKPKP menyampaikan ketersedian beras di Kabupaten Pangandaran mencapai 51 ton.

"Sejak tahun 2017 kita telah memiliki sebanyak 51 ton beras yang di simpat di gudang Perum Bulog, juga ditambah dari angka stok beras di masyarakat yang cukup tinggi hingga saat ini ketersediaan beras sebesar 65.886 ton per 30 November 2019 yang di perkirakan cukup sampai 11 bulan kedepan".

 

Dan sejak tahun 2017 Pemerintah telah memberikan perhatian yang sangat besar dalam kegiatan pengembangan lumbung pangan masyarakat. Tak kurang dari 20 kelompok telah mendapat bantuan yang berasal dari APBD Kab Pangandaran, Provinsi, dan APBN.

 

Kepala Bagian Humas dan Keprotkolan

H. Wawan Kustaman, S.Pd., MM