Berita OPD

Bupati Pangandaran "Kepala Desa Harus Orientasi Pada Pembangunan Desa"

Bupati Pangandaran "Kepala Desa Harus Orientasi Pada Pembangunan Desa"

HUMAS - Sebanyak 62 Kepala Desa hasil Pilkades serentak pada tanggal 30 November 2019 lalu, dilantik Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata. Kamis, 18 Desember 2019, bertempat di Halaman Kantor Bupati Pangandaran.

 

Turut hadir Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari beserta, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Pangandaran, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kab. Pangandaran, Ketua Pengadilan Negeri Ciamis, Sekda Kab. Pangandaran Drs. H. Kusdiana, MM beserta, Ketua IKIAD Kab. Pangandaran, Kepala SKPD, serta Unsur TNI-POLRI.

 

Pelantikan tersebut berdasarkan SK Bupati Pangandaran Nomor : 141.1/Kpts.414-Huk/2019, tanggal 19 Desember 2019 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Calon Kepala Desa Terpilih.

 

Menurut Plt. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani. S.Sos. MM mengatakan ada 62 Kepala Desa yang dilantik hari ini, sedangkan sisanya pelantikan Kepala Desa yang belum dilaksanakan hari ini akan di laksanakan pada tahun depan. 
"TMT Kepala Desa tersebut habisnya tahun 2020, jadi dilantiknya tahun 2020", ujarnya.

 

Sementara itu Bupati Pangandaran menyampaikan kepada seluruh Kepala Desa yang baru dilantik agar menjalankan pemerintahannya dengan baik.
"Kalau kemarin saudara calon kepala desa maka hari ini saudara adalah kepala desa, artinya saudara adalah memimpin desa, memimpin seluruh masyarakat desa, saudara jangan memilah memilih mana pendukung saya, mana yang tidak mendukung saya hari ini. Saudara sekalian adalah Kepala Desa untuk warga masyarakat di desanya masing masing", ujarnya.

 

Ia pun menegaskan terpilihnya menjadi Kepala Desa bukan sekedar untuk menjadi pemimpin saja, tetapi masih ada pekerjaan lainya yaitu melaksanakan harapan masyarakat.
"Rakyat memilih bukan sekedar menjadikan saudara menjadi Kepala Desa, rakyat memilih bukan hanya menjadikan saudara menjadi pemimpin di desa, tapi rakyat memilih karena rakyat mempunyai harapan untuk lebih baik, lebih sejahtera", tegasnya.

 

Beliau pun berharap, cara pandang dan bekerja dari para Kepala Desa yang baru dilantik tersebut, harus berorientasi pada pengabdian kepada masyarakat.

"Oleh karena itu tentu cara pandang, cara berpikir dan orientasi pengabdian saudara harus ditujukan pada satu tujuan untuk kepentingan masyarakat di desa. Fokus bekerja dengan baik hindari hal hal yang bersipat rutin", harapnya.

 

Menurutnya hambatan dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada, namun semua itu harus dihadapi dengan sabar dan bekerja keras.
"Hambatan tantangan akan selalu ada, tetapi kalau kita niat kita lurus untuk membangun masyarakat Insyaallah setiap keinginan pasti ada jala. Bekerja dengan baik, rangkul semua, kalau seluruh desanya maju maka tercipta Kecamatan maju dan Kabupaten pun akan maju".

 

Ia pun berpesan Kepala Desa untuk turun mendengarkan aspirasi masyarakat dan tidak terjebak oleh rutinitas di kantor.

 

Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan

H. Wawan Kustaman., S.Pd., MM