Berita OPD

Bupati Canangkan Kegiatan Kesrak Banggakencana Kesehatan Tingkat Kabupaten Pangandaran

Bupati Canangkan Kegiatan Kesrak Banggakencana Kesehatan Tingkat Kabupaten Pangandaran

PROKOPIM - Pencanangan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK Banggakencana Kesehatan Tingkat Kabupaten Pangandaran Tahun 2021 dibuka langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Selasa, 28/9/ 2021.


Kegiatan ini merupakan kegiatan tindaklanjut dari kegiatan Kesatuan Gerak PKK Banggakencana Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat yang diisi dengan kegiatan pencanangan bangga kencana serta rakor kesehatan.

 

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata, Wakil Ketua1 TP PKK Kab. Pangandaran, Kepala Dinas Sosial PMD, Kepala Dinas KBP3A, Ketua IKIAD, Camat, Kepala Puskesmas, Kades, TP PKK Desa se - Kabupaten Pangandaran.

 

Dalam kesempatan ini Bupati Pangandaran menyampaikan peran PKK melalui 10 Program PKK sangat terbukti ikut mensukseskan pembanguan. 
“ 10 program pkk dan semuanya saya kira sudah jelas tujuannya dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat, tentu terasa betul bagaimana kontribusi pemikiran dan upaya yang luar biasa yang dilakukan oleh Tim PKK Kabupaten, pembangunan berjalan , roda pembangunan yang alhamdulilah bisa berjalan dengan baik karena peran bapak ibu sekalian para kader PKK, kader posyandu,” Ujarnya.

 

Lanjutnya, kontribusi PKK juga meningkatkan Indeks Kesehatan Kabupaten pangandaran
“Indeks kesehatan kita semakin baik, kebersihan lingkungan kita semakin baik, selain itu kita juga mendapat anugerah dari BKKBN, walau lewat RSU pandega tentu ini adalah hasil kerjasama dan kerja cerdas kita semua, dimana RSUD Pandega ditetapkan sebagai rumah sakit terbaik tingkat nasional kategori MKJP, pada kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor sebagai juara 2 tingkat nasional,” Ujarnya.

 

Hal ini menunjukkan kerjasama Pemerintah Pangandaran dengan berbagai stakeholder telah menunjukan keberhasilannya.
“Tentu ini merupakan ini satu contoh walau kita 10 tahun kalau kita kompak kita fokus bekerja dengan hati bekerjasama dengan baik saya kira ga ada sesuatu yang tidak bisa tercapai. Kalau prestasi saya kira sudah banyak walau tantangan kedepan tidak gampang,” ungkapnya.

 

Iapun mengejak seluruh masyarakat Kabupaten Pangandaran untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun pangandaran. 
“ mari kita bersama-sama, lupakan perbedaan lupakan sesuatu yang tidak bermanfaat, mari kita bergandengan tangan, apalagi dimasa pandemi ini kesehatan menjadi penting, pandemi ini memberikan pembelajaran yang sangat penting.Terima kasih upaya yang luar biasa selama ini PKK memberikan kontribusi dalam rangka pembangunan di Kabupaten Pangandaran,” ucapnya.

 

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK menuturkan bahwa organisasi yang dipimpinnya merupakan mitra kerja pemerintah untuk itu siap ikut serta mensusksekan program Pemerintah Kabupaten Pangandaran 
“PKK sebagai organisasi mitra kerja pemerintah yang sangat dekat dengan masyarakat, siap berkolaborasi dengan dengan pemerintah lewat Dinas KBP3A, Dinas Kesehatan, dalam mensuskseskan program pemberdayaan pembangunan kependudukan, keluarga bencana, bangga kencana,” Tegasnya.

 

Iapun menuturkan ada inovasi baru dari BKKBN bahwa Bangga Kencana merupakan langkah strategis untuk merangkul target sasaran utama yaitu generasi milenial, terkait pentingnya pengendalian penduduk dan pentingnya program KB. 
“ Alahamdulilah di Kabupaten Pangandaran melalui Dinas KBP3A bekerja dengan baik jumlah penduduk tahun 2020 mengalami lonjakan, betapa besar pertembuhan penduduk sehingga kami dari PKK dengan program terkait pengendalian penduduk dan keluarga berencana kita punya posyandu dan dasa wisma,” ucapnya.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran