Berita OPD

Bupati Buka Raimuna Pertama Tingkat Kab. Pangandaran

Bupati Buka Raimuna Pertama Tingkat Kab. Pangandaran

Diiringi dengan pemukulan goong Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Mabicab) yang juga Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata membuka kegiatan Raimuna Pertama Tingkat Kabupaten Pangandaran, bertempat di Lapang Nusa Gede, Desa Cijulang, Kecamatan Cijulang. 13 Desember 2019.

 

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (Kecamatan) hingga tingkat Nasional.

 

Kegiatan Raimuna Tingkat Kabupaten Pangandaran ini digelar mulai tanggal 12-16 Desember 2019, diikuti 750 orang pandega dari 10 Kwartir Cabang yang ada di Kabupaten Pangandaran. Dalam Raimuna kali ini akan digelar berbagai bentuk kegiatan berupa permainan, ceramah, diskusi, demonstrasi, simulasi, studi kasus, penugasan, perlombaan dan lokakarya.

 

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pangandaran Drs. Apip Winayadi, Pengurus Kwarcab, dan Pengurus Kwaran.

 

Menurut Ketua Mabicab, Pangandaran merupakan derah terbuka, berbagai budaya, kultur datang ke Pangandaran
"Penduduk Kabupaten Pangandaran kurang lebih 426.000 lebih, tetapi yang datang sampai saat ini kurang lebih 5 juta orang, sebagai daerah wisata, kita menjadi daerah terbuka, mereka datang dengan kulitnya, dengan peradabannya, dengan kebiasanya", ujarnya.

 

Ia pun menuturkan bahwa melalui gerakan pramuka akan membina generasi muda Kabupaten Pangandaran agar mempunyai karakter yang baik.
"Kewajiban kaka sebagai Bupati, anggota dewan dan pejabat lainya adalah mempersiapkan generasi muda, tidak hanya diberikan ilmu saja, tetapi memberikan pemahaman tentang kultur, karakternya sebagai orang Pangandaran, maka melalui gerakan pramuka ini akan kita dorong hal tersebut", tegasnya.

 

Kata Bupati, perkembangan media sosial yang semakin maju, masuk ke sendi sendi kehidupan masyarakat, memerlukan suatu filter yang baik dan benar.
"Sekarang dengan medsos bisa melihat yang bertentangan dengan budaya kita, tetapi dengan pramuka kita mempunyai saringan, ini yang wajib di tonton, ini yang harus kita halau karena bertentangan dengan nilai nilai budaya kita", ujarnya.

 

Ia pun menegaskan bahwa pembangunan harus terus maju di segala bidang namun harus di bareng dengan sikap mental yang baik pula.
"Saya hadir ingin melihat, ingin mendorong, ingin memotivasi generasi muda untuk bergerak bersama, Pangandaran boleh pantainya baik, Pangandaran besok boleh menjadi wisata berkelas dunia, infrastruktur, jalan boleh bagus, tetapi sikap mental anak-anak kita harus bagus bersama dengan pembangunan itu", tegasnya.

 

Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu "Rai" dan "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan. (adesoed)

 

Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan
H. Wawan Kustaman, S.Pd. MM