Berita OPD

4 Daerah Di Indonesia Gelar Apel KOMCAD KOMDUK TNI AL, Pangandaran Salah Satunya

4 Daerah Di Indonesia Gelar Apel KOMCAD KOMDUK TNI AL, Pangandaran Salah Satunya

HUMAS - Dalam upaya meningkatkan sumber daya masyarakat dalam bidang pendidikan masyarakat di pesisir pantai, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran berkolaborasi dengan Pangkalan Utama TNI AL III, Pangkalan TNI AL Bandung mendirikan rumah pintar yang berada di Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi.

 

Peremian sendiri dilaksanakan oleh Sekda Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana M.M didampingi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono, Rabu, 18/11/2020.

 

Kegiatan ini merupakan salahsatu rangaian dalam rangka apel komcad /komduk TNI AL dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut di lapang parkir Pelabuhan Bojongsalawe Pangandaran.

“Alhamdulilah bahwa hari ini adalah bukti nyata dari TNI AL terhadap masyarakat Kabupaten Pangandaran dalam bentuk pembuatan rumah pintar, taman bacaan dan yang ketiga adalah kampung bahari“, ujar Sekda pada saat peremian Rumah Pintar.

 

Beliaupun menyampaikan akan mengembangkan baik pendidikan, ekonomi pariwisata masyarakat lebih meningkat. 
“Saya kira ini merupakan hal yang sangat positif bagi kita, kita akan memfasilitasai kaitan tiga hal tersebut dan selanjutnya akan kita kembangkan, sehingga masyarakat bisa teredukasi, dari sisi ekonomi lebih meningkat dan dari sisi pariwisata karena Kabupaten Pangandaran ini andalannya adalah pariwisata, diharapkan terus berkembang“, ujarnya.

 

Sementara Danlanal Bandung mengatakan kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dilaksanakan di beberapa tempat di Indonesia salahsatunya adalah di Pangandaran. 

"Sebenarnya kegiatan Danwilhanla wilayah pesisir tahun 2020 ini sudah direncanakan dari mabes AL, ada empat daerah yang melaksanakan kegiatan ini, yang pertama dari Belewan, Pontiannak, Balikpapan dan di Pangandaran ini sendiri”, ujarnya.

 

Menurutnya, berbagai kegiatan dilaksanakan mulai bakti dari bakti ada renovasi mushola, rumah jembatan, pemberian sosislaisasi mengenai bela negara, kesehatan mengenai pandemi covid-19 dsbg. Ada juga bakti sosial berupa pemberian sembako bagi masyarakat yang terdampak covid saat ini.

 

Beliaupun berharap agar kegiatan ini terus berlanjut. 
“Harapnya kedepan bisa berjalan untuk berkelanjutan apa-apa yang sudah dibikinkan oleh kita, bisa diteruskan oleh masyarakat dan juga ada perhatian dari Pemda terkait dengan keberlanjutan program-program ini”, ujarnya.

 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pada Pasal 9 huruf e disebutkan bahwa Tugas TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut dengan melaksanakan pengendalian wilayah pertahanan laut (Dawilhanla).
Tugas ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan geografi, demografi, dan kondisi sosial sebagai Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara di laut, dalam rangka mendukung SIstem Pertahanan Semesta.

 

Penyiapan kemampuan wilayah pertahan laut dan kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan Sisten Pertahanan Semesta (Sishanta) dilaksanakan melalui sinergitas peran instansi fungsional dalam membina potensi maritim meliputi sumber daya manusia (SDM), Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB), Sarana dan Prasarana Nasional (Sarprasnas), Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), nilai-nilai luhur budaya bahari dan menjadi kekuatan kewilayahan yang tangguh untuk mendukung kepentingan pertahanan laut.


Pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) yang diselengarakan guna mendukung program diatas antara lain gelar Komponen Cadangan (Komcad) atau Komponen pendukung (Komduk) TNI AL dalam rangka perberdayaan wilayah pertahanan laut, gelar potensi komponen pendukung TNI AL dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut, peyuluhan bela Negara, bakti sosil kesehatan, dll.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan 

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran