Berita OPD

268 Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan Vokasional BDC Pangandaran

268 Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan Vokasional BDC Pangandaran

268 Pelaku Usaha, KSM, dan UMKM mengikuti kegiatan Pelatihan Vokasional BDC Kabupaten Pangandaran, bertempat di Kampus PSDKU UNPAD Pangandaran, Cintaratu, Kecamatan Parigi. Senin, 9 Desember 2019.

 

Pelatihan tersebut berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 9 sampai 14 Desember 2019. Pelatihan diarahkan kepada pengembangan komoditas gula kelapa, pembangunan komoditas makanan minum olahan, dan pengembangan komoditas kopi di Pangandaran. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata.

 

Menurut Bupati, penataan infrastruktur jalan tahun 2020 selesai, selanjutnya akan mendorong para pelaku usaha kecil menengah untuk lebih maju.

"Penataan infrastruktur sudah selesai tahun 2020, tinggal bagaimana gerakan ekonomi yang ada ini dinikmati, dirasakan betul oleh warga Pangandaran", ungkapnya.

 

Menurut Bupati, penataan kawasan wisata dewasa ini berpengaruh kepada tingkat kunjungan wisata.

"Penataan kawasan wisata sekarang sudah dilaksanakan dan diharapkan tahun ini selesai, seiring dengan itu kunjungan wisata akhir-akhir ini semakin meningkat", ujarnya.

 

Ia pun mengatakan sektor wisata sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat.

"Dari wisata ini mempunyai daya ungkit ekonomi yang sangat besar, berbagai usaha mulai dari ukm kecil sampai ke pemodal besar ada disini, banyak peluang yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat", tambahnya.

 

Untuk menangkap peluang tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan memperbanyak kegiatan pelatihan kewirausahaan.

"Untuk itu maka sekarang ini saya berpikir memotivasi agar peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kita dorong dengan pelatihan-pelatihan peningkatan UMKM", tambahnya.

 

Melalui pelatihan bimbingan seperti ini diharapkan bisa memotivasi pelaku umkm menjadi pelaku utama ekonomi di Pangandaran, pungkasnya.

 

Kepala Bagian Humas dan Keprotkolan

H. Wawan Kustaman, S.Pd., MM