Artikel

WORLD SURF LEAGUE QUALITYING SERIES NIAS PRO 2022

WORLD SURF LEAGUE QUALITYING SERIES NIAS PRO 2022

World Surf League Qualifying Series 5000 atau Nias Pro 2022 adalah ajang surfing kelas dunia yang diikuti oleh ratusan peselancar dari belasan negara. Diantaranya peselancar dari Perancis, Amerika Serikat, Australia, Brazil, Jepang, Italia, Costa Rica, Afrika Selatan, Indonesia dan lainnya. Terdapat empat kategori akan dilombakan, antara lain Men's Junior Tour, Women Junior Tour, Men's Qualifying Series, dan Women Qualifying Series.

 

Nias Pro 2022 diadakan mulai tanggal 22 - 28 Juni 2022 di Teluk Lagundri, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, tepatnya di Pantai Sorake. Tentu spot ini sudah tidak asing lagi di telinga para peselancar, karena spot ini pernah masuk dalam 10 besar spot surfing terbaik di dunia.

 

Ketinggian ombak yang ada di Pantai Sorake bisa mencapai 10-12 meter. Hal yang membuat para peselancar makin jatuh hati adalah ombaknya bisa bergulung dengan utuh sampai ke bibir pantai dan punya 11 kali gelombang sebelum pecah. Tinggi gelombangnya antara 3-5 meter. Bahkan, para peselancar bisa menaiki ombak hingga sejauh 200 meter.

 

Dilansir dari medanbisnisdaily, ajang surfing ini direncakanan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahudding Uno, BBA., MBA.

 

Mengingat ajang ini sedang berlangsung, Pangandaran-pun mempunyai peselancar yang telah berkancah di ajang Nasional maupun Internasional seperti SEA Games 2019 di Filipina, diantaranya nama-nama seperti Dean Permana, Arif Mencos, Deni Firdaus dan Dedi Kurniadi. Dilansir dari kumparan, menurut Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Kabupaten Pangandaran, Gilang Marifatullah menuturkan, Pantai Batu Karas diproyeksikan menjadi gudang atlet selancar atau surfing di Jawa Barat, bahkan di Indonesia.

 

Sumber:

https://www.indonesia.travel/

https://www.worldsurfleague.com//