Berita OPD

SOSIALISASI & PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ROPK TAHUN 2021

SOSIALISASI & PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ROPK TAHUN 2021

Parigi, 3 Juni 2021

Bappeda Kab. Pangandaran gelar sosialisasi & pendampingan proses pengendalian evaluasi dan pelaporan melalui aplikasi Emonela untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja perangkat daerah sebagai bentuk tindak lanjut hasil evaluasi SAKIP kab. Pangandaran tahun 2020.(03/06/2021)

Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh PPK, PPTK dan operator SKPD se-Kab. Pangandaran, yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Pangandaran serta disiarkan secara langung melalui aplikasi zoom. Selain di dampingi oleh tim teknis dari Bappeda Kab. Pangandaran, Kegiatan tersebut didampingi narasumber dari ATSoft Yogyakarta yaitu Pak Sofyan secara online.

Emonela (Elektronik, monitoring, evaluasi dan pelaporan), merupakan aplikasi berbasis web untuk memudahkan proses pengendalian evaluasi dan pelaporan kinerja perangkat daerah secara online.

Tahapan aplikasi ini yaitu mulai dari Input data dasar (sub organisasi dan DPA), pembagian tahapan kegiatan beserta porsinya, input rencana keuangan, input rencana fisik sesuai tahapan, input realisasi beserta faktor pendukung, penghambat dan eviden dan yang terakhir yaitu evaluasi.

Adapun output dari kegiatan tersebut yaitu:

  1. Laporan ROPK
  2. Laporan Realisasi
  3. Laporan Pengendalian
  4. Laporan Evaluasi Kinerja Kegiatan Periodik
  5. Arsip Elektronik

Pada kegiatan tersebut, seluruh operator SKPD se-Kabupaten Pangandaran yang hadir secara langsung di Aula Bappeda Kab. Pangandaran, mencoba mengoprasikan aplikasi tersebut sekaligus didampingi oleh operator bidang dari Bappeda Kab. Pangandaran.